--> async='async'

Minggu, 15 November 2015

Meriahnya Karnaval Hari Kesehatan Nasional ke 51

Pasti kita tidak asing dengan singkatan “HKN” atau Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2015. Hari kesehatan nasional merupakan peringatan hari kesehatan bagi seluruh tenaga kesehatan, mahasiswa kesehatan, pegawai-pegawai di bidang kesehatan, bahkan bagi para masyarakat yang cinta dan peduli akan kesehatan. Hari kesehatan nasional ini dirayakan diseluruh Indonesia, salah satunya di Kampus kita tercinta yaitu di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Begitu bangganya kita sebagai tenaga kesehatan ataupun calon tenaga kesehatan bisa ikut merayakan peringatan itu.
Disini saya akan sedikit bercerita mengenai salah satu serangkain acara Hari Kesehatan Nasional ke 51 yaitu Karnaval HKN, yang diselenggarakan oleh seluruh civitas akademika diantaranya Direktorat, 6 Jurusan, dan seluruh Ormawa di Kampus kita tercinta. Karnval HKN kali ini dilaksanakan di Kabupaten Bantul, dikarenakan rute yang biasa kami gunakkan dari tahun ke tahun masih dalam tahap renovasi yaitu sepanjang Malioboro dan titik 0 kilometer. Walaupun rute yang kami lalui berbeda, hal tersebut tidak menyurutkan semangat teman-teman mahasiswa untuk berpartisipasi memeriahkan Karnaval tersebut. Justru menurut kami, HKN tahun ini lebih meriah, lebih kompak, dan lebih kreatif. Bangga dengan mahasiswa baru dan pegurus HMJ yang selalu kreatif tanpa batas dan mempunyai semangat tinggi.
            Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karnaval HKN ini diikuti oleh seluruh jurusan, LSM, kampus kesehatan di Jogja, dan dimeriahkan pula oleh Marching Band Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Karnaval dimulai dari Masjid Agung Manunggal Bantul sekitar pukul 13.00 dan berakhir di Lapangan Paseban Bantul sekitar pukul 15.00. Rangkaian acara karnaval tersebut diantarnya sambutan dari perwakilan direktorat, sambutan dari beberapa lembaga terkait, serta pemotongan balon. Dimana seluruh peserta karnval di bariskan rapi di depan halaman Masjid Agung Maunggal Bantul. Setelah seluruh serangkaian acara di Masjid Agung selesai, dilanjutkan dengan membentuk pleton. Urutan pleton jalan karnaval dimulai dari Imatelki, duta kampus, marching band, Tensi long march, Badan Legislatif Mahasiswa, LSM Granat (Gerakan Anti Narkoba), mobil orasi, LSM Jari Mulia, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jurusan Analis Kesehatan, Akbid Umi Hasanah, Stikes Surya Global, Jurusan Keperawatan, Jurusan kebidanan, Himadika, Jurusan Gizi, Akbid Yo, dan Jurusan Keperawatan Gigi.
         
Karnaval pada HKN kali ini sangat meriah, dikarenakan dari masing-masing jurusan diberikan tugas untuk membuat maskot sesuai dengan jurusannya. Maskot yang  mereka buat dari tahun ke tahun semakin kreatif, misalnya jurusan kita tercinta Kesehatan Lingkungan membuat maskot jamur dari kertas koran dan bambu yang dihias sedemikian rupa dan jurusan-jurusan lain yang juga tidak kalah kreatifnya. Lebih meriah lagi dengan adanya UKM Marching Band, orasi dari perwakilan mahasiswa Kebidanan mengenai bahaya merokok, lantunan-lantunan lagu dan yel-yel dari masing-masing jurusan yang menambah suasana karnaval HKN semakin semarak.
Ditengah-tengah perjalanan menuju Lapangan Paseban, kami juga membagikan leaflet mengenai HIV/AIDS, Leptospirosis, cara memilih obat tradisional, tentang kehamilan, dan masih banyak lagi. Kami juga membagikan bunga dengan 1000 pesan kesehatan. Selain itu, kegiatan yang baru tahun ini dilakukan yaitu Tensi Long March yaitu kegiatan pengecekan tekanan darah atau tensi di sepanjang jalan bagi warga masyarakat yang berminat. Kami pun merasa senang dengan respond positif masyarakat terhadap kegiatan baru tersebut.
Setelah sampai di lapangan Paseban Bantul, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan aksinya dengan sekreatif mungkin. Selain itu, disana kita juga bisa menikmati susu gratis, melihat hasil kerajinan dari Bank Sampah “Gemah Ripah”, menulis harapan di tree wishes, aksi komitmen Jogja Cinta Sehat, layanan kesehatan gratis, lomba gruvie, donor darah, menikmati acoustic music, doorprize menarik, serta masih banyak keseruan lainnya yang bisa kita dapatkan disana.
Akhir dari karnaval HKN ke 51 ini yaitu dengan diumumkannya juara parade HKN dari seluruh peserta yang mengikuti karnaval, yaitu pemenangnya dari jurusan Keperawatan Gigi, jurusan Kebidanan, dan jurusan Analis Kesehatan. Untuk jurusan Kesehatan Lingkungan, jangan berkecil hati kawan, walaupun jurusan kita tidak juara tapi kalian semua tetap juara di hati kita semua. Kami bangga dengan kalian, kalian kompak, kalian kreatif, dan kalian lah semangat kami untuk terus berusaha menjadikan jurusan ini semakin bersinar. Jangan terlalu melihat pada hasil kawan, lihatlah pada prosesnya. Tetap jaga semangat dan kekompakan kalian. Semoga ditahun   berikutnya jurusan kita bisa juara. Amin.
Demikianlah sedikit cerita mengenai karnaval HKN. Semoga bermanfaat dan semoga HKN tahun-tahun berikutnya lebih meriah. Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri!!!! 
( report by : Annisa P Rahayu Semester V Prodi DIV Kesling Jogja)


Posting Komentar