--> async='async'

Senin, 09 November 2015

JOURNEY PKL D4 KESLING ke PETROKIMIA GRESIK

PT Petrokimia Gresik
PKL di PT Petrokimia Gresik, awalnya bukan menjadi tujuan tempat PKL bagi kami karena kami ingin PKL di Pabrik X yang tidak bisa kami sebut kan :D. Pertengahan bulan Agustus merupakan bulan tersibuk untuk kita kelas DIV Kesehatan Lingkungan Angkatan tahun 2012 untuk mencari tempat PKL. Kami sudah berusaha untuk mencari tempat PKL yang jaraknya lumayan dekat dengan DI Yogyakarta namun kebanyakan mereka sudah penuh akan anak PKL dari kampus lain otomatis kita agak drop saat itu L.

Namun, ketua kelompok PKL kami berinisiatif menanyakan ke salah satu dosen dan diberi beberapa alternative tempat salah satunya PT Petrokimia Gresik. Langsung kami telepon nomor telepon yang kami dapatkan melalui internet dengan agak deg-degan kami menanyakan mengenai PKL dan singkat cerita kami dapat memasukkan proposal PKL kami di PT Petrokimia Gresik.
Selang 3 minggu kami mengkonfirmasi  bahwa kami dapat mengikuti PKL di PT Petrokimia Gresik.

Pertama kalinya kita mengikuti pengarahan pada tanggal 14 September 2015 di Departemen Diklat. Bertemu dengan mahasiswa dari berbagai universitas, berbagai fakultas dan dari berbagai daerah merupakan kesempatan yang sangat langka dan sangat menyenangkan. Pada hari itu, kita diberikan pengetahuan mengenai pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang disampaikan oleh mas Trio Budi A. Susanto selain itu kita mengisi biodata untuk pelengkapan adminitrasi.

PKL kami dimulai tanggal 1 Oktober 2015 hingga tanggal 30 Oktober 2015. Minggu pertama dari hari Senin hingga Jumat kami mendapatkan materi terlebih dahulu di Ruang 5 Departemen Diklat PT Petrokimia Gresik dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Pada minggu tersebut kita mendapatkan berbagai materi. Kami mulai dibagi ke Departemen masing masing.

Pengalaman yang paling seru di setiap plant tour kami adalah saat kami di pabrik I kami menaiki Prilling tower setinggi 80 meter diatas permukaan laut. Pada saat kita berada di atas kita dapat melihat seluruh wilayah PT Petrokimia Gresik.

Pada Pabrik II kami diajak ke Pelabuhan Petrokimia, dimana pelabuhannya sanagt besar dan banyak kapal-kapal dari berbagai negara dengan ukuran yang sangat besar. Di pelabuhan terdapat proses bongkar muat bahan baku dan barang jadi. Pada kawasan tersebut sangat banyak debu belerang sehingga kita harus menggunakan masker khusus dan jalan-jalan yang terdapat di pelabuhan selalu disiram dengan air. Hal itu dikarenakan debu – debu yang terdapat di jalan berasal dari debu kimia yang bersifat sangat mudah terbakar apabila terkena gesekan. Pada saat kita di pabrik.


Pada Pabrik III kami diajak ke ET (Effluent Treatment), dimana di ET terdapat pengolahan air limbah yang berasal dari pabrik III. Kita diajak naik ke instalasinya dan itu sangat mengerikan kita takut kalau jembatan yang terdapat di atas instalasi roboh dan kita jatuh di dalam instalasinya. Apabila dilihat dari bawah seluruh wilayah terlihat putih dikarenakan sering terjadi ledakan kapur akibat reaksi pelarutan lapur.



Selain itu kami juga belajar di PMK atau pemadam kebakaran. Di PMK kami pun dilatih untuk mengisi  APAR dan menggunakan APAR untuk memadamkam api. Selain itu di pelabuhan kita dilatih menggunakan hydrant dan nozzel. Pengalaman itu lah yang sangat menarik, salah satu industri yang mau mengajarkan penggunaan APAR dan pemadaman api adalah di PT Petrokimia. Pada saat kita diajak ke fire ground, sebenarnya kita akan diajarkan mematikan api menggunakan hydrant namun debit air yang kecil sehingga tidak memungkinkan untuk kami memadamkan api menggunakan hydrant. ( Oleh Hendrika Puspita Sari, dkk)




Demikian cerita journey PKL oleh mahasiswa Semester VII di Petrokia Gresik semoga jadi semangat untuk adik adik tingkat.
Posting Komentar